Beranda | Artikel
Kesyirikan di Dalam Kecintaan Kepada Allah - Kitab Tajridut Tauhid Al-Mufid (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)
Jumat, 2 Mei 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Muhammad Nur Ihsan

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz DR Muhammad Nur Ihsan, M.A.

[sc:status-tajridut-tauhid-ustadz-muhammad-nur-ihsan-2014]

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Tajridut Tauhid Al-Mufid (تجريد التوحيد المفيد)

Kesyirikan di Dalam Kecintaan Kepada Allah

Ibadah hendaklah senantiasa berlandaskan kecintaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, bahkan kecintaan merupakan salah satu rukun dari ibadah tesebut. Yaitu seorang mencintai Rabb yang diibadahinya. Kecintaan yang bermakna pengagungan disertai dengan sikap merendahkan diri dan pasrah kepada Allah, berharap, tawakal, dan seluruh hal-hal yang berkaitan dengan amalan hati.

Asal usul kesyirikan yang terjadi di kalangan orang-orang musyrik zaman dahulu adalah fi mahabbatillah (ibadah yang berhubungan dengan kecintaan kepada Allah). Dimana mereka (orang-orang musyrikin) mencintai Allah akan tetapi di waktu yang sama, kecintaan mereka itu dinodai dengan kecintaan kepada sesembahan-sesembahan selain Allah. Dan inilah yang dijelaskan oleh Allah di dalam firmanNya:

وَمِنَ النَّاسِ مَن يَتَّخِذُ مِن دُونِ اللّهِ أَندَاداً يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللّهِ وَالَّذِينَ آمَنُواْ أَشَدُّ حُبّاً لِّلّهِ وَلَوْ يَرَى الَّذِينَ ظَلَمُواْ إِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَ أَنَّ الْقُوَّةَ لِلّهِ جَمِيعاً وَأَنَّ اللّهَ شَدِيدُ الْعَذَابِ

“Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah, mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).” (QS Al-Baqarah [2]: 165)

Bagaimana penjelasan selengkapnya dari pembahasan ini? Simak penjelasan lengkapnya bersama Ustadz Muhammad Nur Ihsan dalam pembahasan Kitab Tajridut Tauhid, dengan download pengajian yang bermanfaat ini. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Kesyirikan di Dalam Kecintaan Kepada Allah

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link pengajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/6242-kesyirikan-di-dalam-kecintaan-kepada-allah-kitab-tajridut-tauhid-al-mufid-ustadz-dr-muhammad-nur-ihsan-ma/